Deretan Daftar Nama Kampus Dengan Jurusan Sastra Indonesia Terbaik

UNISA Materi apa saja yang diajarkan di Jurusan Sastra Indonesia? Apakah mereka akan mempelajari segala sesuatu mulai dari karya sastra hingga biografi penyair kuno dan modern? Apakah saya harus menulis ratusan halaman puisi atau fiksi? Seperti apa kelas-kelas di Jurusan Sastra Indonesia?

Kuliah Sastra Indonesia Perguruan Tinggi

Sesuai dengan namanya, Fakultas Sastra, tentu saja Jurusan Sastra Indonesia mempelajari sastra. Namun, selain sastra, mahasiswa juga mempelajari budaya dan bahasa Indonesia secara komprehensif. Umumnya, mahasiswa dapat memilih antara sastra atau linguistik. Konten perkuliahan, baik dalam teori sastra atau linguistik, diberi bobot sesuai dengan jurusan yang dipilih. Oleh karena itu, jurusan ini juga dikenal sebagai Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Prospek Kerja Dari Sastra Indonesia Setelah Kuliah

Selain minat, prospek lulusan juga harus dipertimbangkan ketika memilih jurusan. Bagaimana prospek kerja untuk seni Indonesia? Banyak lulusan dengan gelar sarjana seni Indonesia bekerja sebagai editor di bidang penerbitan dan jurnalisme. Mulai dari media cetak dan digital hingga penerbitan novel di toko buku, peran editor bahasa dan naskah dengan pengetahuan dan kemampuan yang baik dalam bahasa Indonesia selalu dibutuhkan.

Dengan menguasai ilmu jurnalistik, seorang Sarjana studi Indonesia juga dapat membuka peluang untuk bekerja di bidang jurnalistik. Selain menjadi jurnalis, kemampuan menulis lulusan studi itu Indonesia juga dapat mengantarkan mereka menjadi copywriter di biro iklan atau content writer di berbagai perusahaan rintisan (start-up). Beberapa lulusan bahasa dan studi itu Indonesia juga tertarik dengan dunia film dan televisi. Mereka biasanya bekerja sebagai penulis naskah atau penulis kreatif.

Daftar Kampus Terbaik Jurusan Sastra Indonesia

Berikut dibawah ini adalah beberapa nama tempat perkuliahan yang sudah saya rangkum dari beberapa sumber yaitu : 

  • Universitas Airlangga
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Negeri Surabaya
  • Universitas Udayana
  • Universitas Jember
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Andalas

Selain di universitas negeri, jurusan studi tersebut Indonesia juga dapat ditemukan di universitas swasta. Dua perguruan tinggi swasta yang memiliki jurusan prodi tersebut di Indonesia terakreditasi A adalah Perguruan Tinggi Ahmad Dahlan dan Perguruan Tinggi Sanata Darma.

 

Sekian artikel dari saya tentang beberapa kampus terbaik jurusan sastra indonesia terbaik semoga dapat membantu kalian dalam mencari kampus sesuai minat bakat kalian ya.